Sabtu, 06 Juli 2019


WAH kalo nginget-nginget 2018 tuh campur aduk deh parah. Kayak naik rollercoaster deh sumpah. Ini mungkin akan aku bagi dalam beberapa part kayak tahun-tahun sebelumnya. Karena, wih emang sebanyak itu hal yang aku laluin. Bahkan gak bisa semua keceritain.


Oke mari kita mulai,  dimulai dari masalah sebelum kelulusan. Project tugas akhir SMK program 4 tahun itu dimulai dari akhir tahun 2017 lah Desember-an. Namanya Uji Kompetensi. Jadi skemanya, baru banget beres sidang dan revisi laporan nih, langsung dibagi kelompok buat project akhir kelas 4. Mumet banget but seperti biasa, serunya gak ada duanya. Dimana ini ekspektasi guru-guru tinggi semua bos. Karena emang tugas terakhir dan ujung tanduk banget.


Waktu itu dibagi lah sekelas tuh 6 kelompok besar. Aku masih inget banget aku dapet kelompok 2 dan megang jadi Manajer Produksi. Tugasnya ngapain? Nyusun laporan, bikin jadwal, menghitung estimasi biaya, ngontak talent, perizinan lokasi, perizinan alat dan memastikan divisi lain bekerja sesuai jobdesk-nya. Ah mumet deh, suwer ya wkwk.


Waktu itu Alhamdulillahnya dapetnya anggota kelompok yang cees bangetlah. Sesuai urutan absen kan, aku waktu itu sekelompok sama Laila, Kirana, Mila, Mirella, Akbar, sama Eky. Kebagian bikin video klip Himne SMKN 1 Cimahi. Well, tidak semudah itu ferguso. Kita harus take-vocal suara juga sama ngaransemen si lagu himne-nya.  




Dan, harus pake alat jurusan. Gak boleh ke studio khusus buat rekaman. Mantap gak tuh? Well, terima kasih banyak buat Akbar yang memiliki skill mumpuni dalam masalah audio. Tidak lupa teman sekelompok ku, Laila sebagai penata artistik, Mila sebagai editor, Kirana sebagai kameramen, Eky sebagai sutradara merangkap kameramen kadang wkwk, Mirella penulis naskah yang merangkap make up artistik, dan juga Akbar sebagai penata suara.


Mantepnya lagi nih, cuman di kasih waktu tiga minggu, nyari talent cuman dikasih beberapa hari kurang dari SEMINGGU!! Akhirnya ya nyari bantuan adek kelas yang ekskul paduan suara. Karena pertimbangan waktu, yang hapal sama lagu, dan juga deket kalo mau meeting kru.


Kita juga sempet ngelist alat kan. Karena alat lumayan terbatas (dipake sama 12 tim bro, dua kelas Broadcast), jadi ya ada hari dimana kita rebutan wkwk. Akhirnya gantian sih. Seneng lah kalo dapet alat yang agak bagusan.


Pokoknya banyak drama wkwk. Masalahnya ini tuh bentrok sama pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, dan masalah kelulusan lainnya (bakal aku ceritain di part lain karena panjang). Agak keteteran. Tiap hari sekelompok harus nginep. Nginep pun boro-boro tidur, yang ada mata beler banget ngerjain konsep sama laporan.


Di saat 2017 temen seangkatanku (yang se-SMP) udah pada masuk kuliah dan lulus, aku dan teman-teman di STM hanya bisa mupeng jadi maba maupun cepet-cepet kerja.


Nama kelompok kita waktu itu “Ini UjiArt”, ngakak banget tapi enjoy lah. Drama-drama persyutingan berhasil kami lewati. Akhirnya sampe jadi mahakarya Himne SMKN 1 Cimahi yang bisa di lihat di sini.


Mungkin karena udah kebal syuting bareng temen sekelas kali ya, jadi seru aja buat tugas akhir ini. Makasih lah buat Intan (vokalis), Waga (keyboard-ist), sama Naufal (gitaris), yang udah mau bantuin tugas akhir ini:’)) kalo gak ada kalian mah… aku gak bakal bisa lulus atuh.



Tapi tidak berakhir di situ sih, karena pas karya udah beres, di-burn, dicetak poster, laporan udah dijilid, kita diuji (lagi). Udah bukan sama guru jurusan lagi, dinilainya sama perusahaan TV waktu itu di Aula sekolah. Sambil semacam pitching forumlah. Weyyy saya deg-degan.
But AKHIRNYAAA beres.


Udah beres gitu, kita udah gak ada tanggungan lagi dah tuh. Udah kek bisul pecah. Tinggal nunggu kelulusan yang diadain tanggal 12 Mei. Lucunya budaya STM (atau budaya jurusan Broadcast aja ya? Aku gak tahu pasti), yang cewek-cewek tuh suka beli satu bahan kebaya yang sama, terus ngejait masing-masing sesuai dengan model yang diinginin. Jadi pas lulus tuh lucu, bisa ngebedain ini kelas mana, ini jurusan mana.



Dan waktu kelulusan juga mantap abis sih, yang cewek make make up kan, widiw cantik-cantik gak kayak biasanya dekil dan kusam wkwk (well, gue juga gitu sih selama sekolah wkwk). Cowoknya ganteng nan rapi pake kemeja item beserta dasi. LUCU GAK SIH?! Ya sayangnya aku tidak punya gandengan saat itu wkwk. Ada deng, orangtua:)








Ada gladiresik H-1 waktu itu, digelar sore-sore. Aku waktu itu berangkat agak telat pokoknya wkwk. Yang lain udah mencoba baris rapi, lah saya baru datang.  


Acara wisudanya juga dimulai dari pagi. Jadi lucunya, orangtua para wisudawan dan wisudawati udah pada duduk di kursi (acaranya di lapang sekolah nan luas), anak-anaknya sesuai jurusan masuk satu-satu ke lapang baru duduk. LUCU!!!



Terus perjurusan dipanggil ke depan buat penyematan mendali kelulusan sama dikasih map kelulusan (padahal isinya kosong wkwk, karena ijazah emang belum jadi saat itu). Dikasihnya sama guru-guru jurusan. Sedih kalo diinget-inget lagi tuh.  Diumumin juga siswa siswi dengan nilai Ujian Nasional tertinggi.


Beberapa ada yang nangis saat itu. Aku sih nggak wkwk. Ya sedih mah sedih, pasti. Udah 4 tahun jadi siswi, udah klop banget sama budaya dan kegiatan STM tiba-tiba udah harus lulus aja.


Mungkin nanti aku bakal ngepost bahasan All About STM yang unik, nyentrik, agamis, berprestasi, dan segala hal di dalamnya yang bikin aku banyak-banyak bersyukur banget masuk STM. Kadang kalo gabut, aku masih suka ngedit footage keseharian pas masih sekolah, seneng aja. Kangen.


Emang ya, you should appreciate what you have before it’s gone. Momen-momen akhir sekolah kayak gitu tuh emang krusial banget. I mean, lu cuman punya masa SMA tuh sekali. In the blink of an eye tiba-tiba lu lulus gitu aja. Harus menjalani mimpi masing-masing.


Kadang aku wondering temen-temen aku sekarang lagi pada ngapain ya? Walau baru setahun, tapi suasananya beda aja. Biasanya ketemu tuh dari Senin-Sabtu, kadang sampe Minggu karena ngerjain tugas. Sekarang buat kumpul aja susah udah mencar-mencar.


Kalo kalian adalah pembaca yang merasa pernah mengisi masa-masa SMK-ku, MAKASIH GUYS!! Ku harap kalian sehat selalu dan segera bisa mencapai mimpi-mimpi kalian. Semoga kita masih bisa dikasih jatah waktu buat kumpul bareng di lain hari.



See you on the next post!


   May sending you a BIG and WARM virtual hug (6/7/2019 06:04 PM)  

Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates