Jumat, 05 Juli 2019


Sampe sekarang aku gak ngerti kenapa aku ikutan lomba sampe nyasar ke Cilegon hahahah. Soalnya nih, lomba ini tuh sebenernya hanya dikhususin buat warga-nya. Sekalian memperingati ulang tahun Kota Cilegon waktu itu.


Tapi emang dasar aku, penasaran, aku tanya apa boleh ikutan kalo dari domisili lain (domisili ku Cimahi waktu itu), dan kata panitia boleh. Waktu itu aku nanya di hari Sabtu, dan hari Minggu adalah hari terakhir penutupan lomba.




Gila? Ya emang wkwk. Aku itu awalnya dapet info lomba ini dari grup anak-anak Penulisah Naskah yang aku ceritain di Part I. Terus kayak gak ada satu pun yang interest gitu, karena emang udah mepet juga sih waktunya.


Dan ya di hari Sabtu itu akhirnya aku muter otak. Riset segala hal mengenai budaya Cilegon. Karena tema-nya tentang kebudayaan sana gitu. Terus akhirnya aku dapet kan yah, yaa kalo dibaca-baca lagi agak… aneh, seperti biasa.


Terus aku kirimlah hasil karya-ku yang aku kerjain cuman 4 jam itu, untuk 30 menit (sekitar 30 lembar). Beberapa hari kemudian dapet konfirmasi kalo aku masuk ke 10 terpilih buat ikutan pitching forum di Hotel Krakatau Steel.


Izin lagi ke sekolah wkwk.



Yaudah waktu itu aku berangkat sama Abi. Mulai pitching forumnya tuh sore kalo gak salah, jam 4-an. Pas aku dateng ke sana, yang seumuran aku tuh cuman satu orang coy wkwk. Sisanya kebanyakan udah kerja, bapak-bapak, ibu-ibu. Mental-ku sempat menciut. Aku satu-satunya yang dari luar Cilegon pula.


Sempet kepikiran, ini kalo aku salah menyampaikan tentang budaya orang lain gimana:’) mental agak down, but show must go on. 


Terus udah pada dateng tuh kan. Jurinya tuh ada Gol A Gong, Ginatri S Noer (Penulis Habibie Ainun, Ayat-Ayat Cinta, Posesif, sama Dua Garis Biru), terus ada Zezen Estu. Dikocok lah siapa yang tampil pertama sampai kesepuluh. Aku dapet urutan tiga.


Aku kebagian pitching forum pas sehabis break buat shalat maghrib. Duhh, pas shalat aku berdoa yang terbaik aja, udah agak nggak fokus. Terus yaudah aku kebagian pitching forum. Keringet dingin ya Allah wkwk. Ditonton sama peserta lain juga kan. Aku ngejelasin naskah aku sekitar 30 menit lah, 30 menit lagi buat komentar dari juri.





Kritikan, saran, sama pujian di lomba ini lumayan banyak. Aku masih ada notes-nya tapi ada di laptop satu lagi, wkwkw. Pokoknya cukup membangun dan ngebantu aku buat nulis lebih baik lagi ke depannya. Udah kan tuh. Dan pengumumannya tuh besoknya. Kalau yang lain kan pada bisa pulang dulu ya, nah aku sama Abi bingung kalo ke Cimahi dulu jauh. Ada sih saudara yang di Tangerang. Tapi akhirnya aku disediain room hotel heheheh. 


Pas besoknya acara dimulai jam tujuh malem. Tapi paginya aku udah dapet bocoran kalo nama aku ditandain sama juri, jadi nanti malem wajib dateng ke acara serah terima hadiah. Banyak sambutan, tarian, nyanyian, dan banyak hal lagi yang ditampilin di ballroom hotel. Sekalian acara ulang tahun kota Cilegon kan.


Pengumuman tuh baru ada di jam 10-an. Dan well, namaku ternyata kepanggil. Juara harapan dua, yeah not bad lah, Alhamdulillah wkwk.


Tapi seruuuu sih. Aku lebih menikmati semua prosesnya yang wow. Aku keluar dari zona nyaman aku. Aku produktif sekali di tahun 2016. Selain ini, aku ikut lomba nulis lain juga, tapi ya gitu basisnya lomba online aja. Lumayan dapet sertifikat.


Novel pertama yang aku buat (dan beres) juga di tahun 2016, di tahun 2017 udah tandatangan kontrak penerbitan. Tapi ada kendala, sampe sekarang belum terbit-terbit. Well, misi aku selanjutnya sih ini.


Hmm di 2016 sebenernya ada cerita kunjungan industri ke Yogyakarta. Tapi kayaknya langsung skip ke 2017 aja deh. Eh tapi gak tau wkwk, agak ngeblur juga di 2016 ada apa lagi.



See you on the next post!



  May sending you a BIG and WARM virtual hug (5/7/2019 08:19 PM) 




Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates