Jumat, 05 Juli 2019


Sedikit cerita (hmm, sebenernya bakal banyak), 2016 itu tahun yang agak well ‘wow’,  because finally I found myself beserta pieces-piecesnya.


2016 itu tiga tahun yang lalu, dimana aku baru naik ke kelas dua SMK. Di saat dibilang sibuk nggak, nggak sibuk juga nggak. Ya pokoknya aku anaknya gak bisa diem. Waktu itu banyak bikin project-an sama temen, either itu film pendek, video syutingan kayak lip-sync, company profile, dan banyak lagi.


Walau udah terhitung lumayan banyak project, ternyata aku masih belum puas. Iya dulu masuknya SMK Broadcasting kan (program 4 tahun lagi:’) tua di sekolah), dimana di dalam satu tim itu dibagi ada tujuh divisi. Divisinya itu Penulis Naskah, Sutradara, Manajer Produksi, Kameramen, Penata Suara, Penata Artistik, dan Editor. Dari ketujuh divisi ini ya murid-murid Broadcast dituntut bisa semua. Tapi aku ingin bisa nge-mayor-in satu aja yang bisa aku perdalam. Dan tentunya yang aku sukain.


Dan tibalah suatu hari, email ntah darimana masuk ke dalam mail box. Itu datangnya pas mendekati UAS. Dimana itu isi emailnya Undangan Workshop Film Pusbang Kemendikbud. Lah jiwa saya penasaran dong yaa, aku baca-baca ada syaratnya gitu dan ada penjelasannya mengenai acaranya.
Terus aku mikir… 

“Hmm, ini dapet e-mail ku dari mana ya?”


Terus inget, aku pernah jadi Manajer Produksi yang tugasnya ngirimin hasil karya ke panitia lomba. Mungkin dapet email-ku dari situ. Terus aku liat lah, jadi itu tuh ngundang satu murid dari satu sekolah yang punya minat bakat perfilman. Dari seluruh Indonesia cuman dipilih 100 murid. 30 Penyutradaraan, 35 Sinematografi, dan 35 Penulisan Naskah. Dan ini tuh ada dua gelombang. Gelombang pertama untuk umum/komunitas/mahasiswa, nah gelombang yang aku ikutin ini gelombang dua, buat SMU/SMK.


Jadi waktu tanggal 15 April 2016 itu pengembalian formulir dan pengiriman hasil karya sama link, tanggal 17-21 April 2016-nya proses seleksi calon peserta, 29 April 2016 itu pengumuman yang terpilih. Acaranya tuh di Bogor, tanggal 24-30 Mei 2016.


Nah aku mikir kan, “Lah asyik nih kalo kepilih, hampir seminggu ke Bogor. Pas aku ultah lagi, wkwk bolos berfaedah.”


Tapi ternyata gaes, minggu itu adalah minggu Ujian Akhir Sekolah, kenaikan ke kelas tiga SMK lagi:’) Tapi sayang banget kan kalo gak ikutan. Beuh dilemanya bikin deg-deg serrr. Tapi akhirnya aku ikutan seleksi sih, karena kapan lagi kan ya. Terus juga sekolah aku nerapin sistem ujian susulan sih buat yang izin dan sakit.


Jadi dengan naskah dan cerita-cerita yang sudah pernah aku buat (yes portofolio), aku kirimlah ke email yang bersangkutan. Pas daftar aku gak cerita ke siapa-siapa by the way wkwk. Selama nunggu pengumuman, aku bikin rangkuman buat UAS coy, multitasking karena pasti di Bogor gak mungkin kondusif buat belajar. Tiba-tiba pengumuman dan aku keterima… baru deh bilang ke jurusan.


Berangkat dah tuh tanggal 24-nya, dianterin guru aku, Pak Budi, yang waktu itu sekalian mau ke Bogor sama istrinya. Nyampe Bogor, ngisi data diri lagi kan ya.


ADA HAL LUCU TAPI BODOH SUMPAH WKWKWK.

Aku kan masuk ke kamar hotel kan (workshopnya di hotel), kebelet pipis tuh. Hape aku ada di saku celana jeans, lupa gak aku keluarin dulu.

Dan yang terjadi adalah…

Handphone aku nyemplung toilet astaga:’) SHOCKED WOEYY. Baru lima menit nyampe ya Allah. Untung Pak Budi belum pulang, jadi aku minta nomer beliau buat dicatet di buku. Terus aku langsung matiin hape tuh, aku hair dryer-in dan jemur dua harian, sedih amat.


Untungnya lagi emang wajib bawa laptop kan, nah aku langsung ngontak orang rumah dan teman sejawat pake Line yang ada di laptop. Terbodoh tapi ngakak sumpah. Selama tujuh hari ini aku sekamar sama Sonia. Ih baik banget anaknya, pinter lagi. Dia lagi kuliah di Turki sekarang. Jadi pas Workshop dia sempet izin sehari buat ke Jakarta, wawancara beasiswa. Keren!


Well, tiga dari anak kelas workshop penulisan naskah yang aku ikutin kalo gak salah kabarnya pada kuliah di Turki pakai YTB Scholarship. Mengisnpirasi banget gak sih?! Aku banyak ketemu orang hebat di acara ini.





Dan seruuu banget, ketemu banyak orang dari seluruh Indonesia. Kegiatannya padet. Selama workshop itu naskah yang kita buat ditempa abis-abisan sama Pemateri. Oh iya, tugas perorangannya itu bikin naskah film 30 menit.


Pemateri kita juga orang-orang hebat, kayak Totot Indrarto (Ketua Komite Film di Dewan Kesenian Jakarta), Panji Prabowo, Sastha Sunu (Editor Ayat-ayat Cinta), George Kamarullah, Damas Cendekia, Devina Sofiyanti (Screenwriter), Baskoro Adi (Screenwriter, Jailangkung), Rahabi Mandra (Screenwriter, Night Bus), Perdana Kartawiyudha (Screenwriter, Cinta Tapi Beda), Melody Muchransyah, Verdi Solaiman (Aktor), Billy Christian (Film director, 7 Misi Rahasia Sophie), dan Mandy Marahimin (Film Producer). 





Banyak banget ilmu yang aku dapetin, bersyukur bangetttt.
Pas hari penutupan, ternyata ada kategori Peserta Terbaik di masing-masing kelas (Sinematografi, Sutradara, Penulisan Naskah). Eh Alhamdulillah, namaku dipanggil, Terbaik 3. Kaget sih karena yaaaa kok bisa?






Mungkin emang passionnya di sini kali ya?


Xixi pede bener.


Well belum beres sih masalah dunia tulis menulis. Masih berlanjut di part selanjutnya, 2016 lumayan banyak cerita wkwk.


Yang pasti, abis pulang dari Workshop itu, aku ujian susulan UAS kan ya. Satu hari mengerjakan ENAM mata pelajaran, dua di antaranya adalah matematika dan fisika. Pusing banget sumpah. But worth the pain!! Kangen sihh. Terus baliknya itu pertama kalinya aku punya perjalanan dari luar kota ke rumah sendirian. Ini juga bakal terus berlanjut karena ternyata aku suka nomaden!


Well see you, in the next post.



  May sending you a BIG and WARM virtual hug (5/7/2019 07:21 PM) 

Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates