Rabu, 10 Juli 2019


Satu hal yang harus dipikirin kalo udah mau lulus SMA, tentu aja, “Kuliah atau kerja?”

Well, mungkin ada opsi ketiga, “Nikah.” Not for me, no. HAHAHAH.

Ini sama halnya sama apa yang aku pikirin saat 2018. Salah satu tahap my “quarter life of crisis”, ceileeeeh lebay amat. Tapi beneran, mayan stress. Fun fact, I think about my future plan since 2014. Ketika SMP. Dulu tuh aku ngebet banget masuk SMA favorit di Cimahi, yaa kalau kamu orang Cimahi tahulah dimana. Nilai Ujian Nasional pas SMP juga termasuk lumayan sih. Bisa masuk SMA yang pengen dituju malah.


Tapi aku mikir lagi, kalau masuk SMA itu pilihan jurusannya ya kalo gak masuk IPA ya IPS, mentok-mentok ada lah jurusan Bahasa. My 14 years-old mikir keras tuh kelebihan kekurangan kalo aku masuk jurusan IPA maupun IPS buat ke depannya. Well, even I like science, aku paling gak suka ya ngapalin rumus dan ngaplikasiinnya. Lebih mumet dari matematika.


Matematika masih okelah, pernah dapet nilai hampir 100 malah di rapot pas SMP, tapi beda lagi sama IPA. Gak tahu kenapa gak pernah bersahabat aja dari SD. Pelajarannya aku suka, tapi implementasi nyatanya masih kayak orang paling bego gitu loh wkwk, beberapa pertanyaan yang harus pake rumus aku cuman bisa jawab “?????”


Ya maklum, lebih gedean otak kanan dari pada kiri.Jurusan IPS masih okelah. Tapi tetep, gak mau.


Ya kali aku maksain otak ke jurusan yang gak aku suka, selama tiga tahun harus menatap dan berhadapan dengan pelajaran yang gak aku suka. Ya walau kalau mau lanjut kuliah lebih aman ambil IPA sih. Tapi dari SMP aku juga mikir, “Lah ntar aku kuliah apa kerja ya? Apa dua-duanya?”


Well, my old self, pertanyaanmu terjawab sudah nak di tahun ini.


Akhirnya aku merelakan untuk tidak masuk SMA. Aku mikir apa masuk SMK aja yak? Di Cimahi juga ada SMK favorite. Wah favoritenya udah bukan se-Cimahi lagi, se-Provinsi Jawa Barat aja udah lewat. Favoritenya se-Indonesia. MUEHEHEHEH. Ini beneran.


Di SMK itu ada 9 jurusan kan, kebetulan waktu itu ada acara Open House yang emang selalu diadain setiap tahunnya. Ya makin seneng dong bisa liat-liat dulu sekolahnya sambil ada bayangan tentang jurusannya. Datanglah aku ke sana.


Eeeebusett, my first impression is, “Ini alat-alat beneran bikinan anak SMK? Lah asyik dong banyak praktek? Lohh kok seru bikin ginian?? Lohh banyak cowoknya ya??”


Dan seterusnya dan seterusnya. Dari 9 jurusan yang ada, aku tertarik banget sama jurusan Broadcast. Aku pikirlah mateng-mateng, karena STM ini programnya 4 tahun. Dimana kalo aku masuk sini, mau gak mau harus merelakan satu tahun. Di saat temen-temen SMP -ku nanti sudah masuk kuliah.


Well, di STM ini, masuknya lumayan sulit lho teman. Yang aku inget, tahun aku daftar a.k.a 2014 itu yang daftar 2000-an lebih, sedangkan yang keterima cuman 600an. Karena ada test fisik dan kesehatan, test tulis, sama test praktek. Ya emang gak main-main sih.


Setelah berkonsultasi bersama orangtua, ya disetujuin aja. Yaudah, gas daftar STM. Dan yaudah Alhamdulillah keterima.


SMK tuh kan emang diutamakan buat disalurin buat kerja kan ya… Selama 3 tahun sekolah, which is sisa setahun lagi nih di sekolah, setiap anak ya harus mikirin itu pertanyaan. Kembali ke paragraf pertama.


“Lanjut kuliah atau kerja?”


Selama 3 tahun belajar ya aku ngambis nilai aja sih. Sisa tahun terakhir akhirnya kepikiran dan aku mutusin buat ngambis masuk kuliah. FYI aja nih, anak SMK tuh agak sulit dapet informasi buat kuliah. Minimmmm banget infromasinya. Karena kalo mau Bimbingan Konseling, lebih diutamain yang mau kerja.


Agak kesal. Tapi untung diri ini tidak sendirian, beberapa teman memang ingin kuliah juga. Jadi tuker-tuker informasi.


Hal pertama yang aku daftar itu PMDK Unisba waktu bulan Februari 2018 atau April 2018, aku lupa. Pokoknya pendaftarannya ya online, masukin nilai rapot sama sertifikat yang masih nyambung sama minat bakat. Alhamdulillah keterima. Tapi dasar sifatnya manusia, can’t get enough, jadi yaudah aku jadiin plan sampingan aja. Aku masih ngejar yang lain, SNMPTN, SBMPTN, Beasiswa Monbukagakusho (Pemerintah Jepang), sama Beasiswa IKJ.


Padahal kalau SNMPTN itu persentase lulusnya anak SMK itu cuman 2%, wkwk. Tapi ya selama aku dan nilaiku masuk kualifikasi yaudah gas lagi. Aku daftar UNPAD waktu itu, yang Ilmu Komunikasi dijadiin pilihan pertama, dan Ilmu Perpustakaan untuk pilihan kedua. Aku lupa, tapi kalo gak salah, aku milih Pilihan Ketiga juga, yaitu Sastra Indonesia.


Yasudah pasti tidak lulus dongg wkwk. Tapi temen sekelasku ada yang lulus lho, jurusan lain juga ada. Cuman 4 apa 5 orang yang lulus SNM dari sekolahku. SBMPTN masih berlanjut, jurusan yang aku pilih juga sama.


Tahu sendiri kalau SBMPTN materinya itu lebih ke anak SMA kan ya?! Dan dalam waktu beberapa bulan aku harus belajar Soshum-nya anak SMA secara otodidak a.k.a online aja karena gak mau les. Tiap hari belajar TPA, TKD, dan teman-temannya di sela-sela tugas akhir Uji Kompetensi. Di saat yang sama juga aku nyusun surat rekomendasi buat Beasiswa ke luar negeri dan IKJ. Ya harus minta rekomendasi guru, jurusan, dan juga sekolah:)


Ambisnya parahhh sih.


Jeng jeng jeng, pengumuman SBMPTN pun keluar. Aku nyadar diri banget, belajarku kurang maksimal. Energi sama otak aku kebagi sana-sini. Ya tentu pengumumannya juga sesuai sama apa yang aku usahain. Aku gak keterima, lagi.


Masih okelah, aku masih punya 2 plan lagi dan juga 1 plan yang udah keterima. Pada titik ini aku udah mulai mikirin pilihan terpahit, yaitu aku harus gap year dan kerja. Gak tahu kenapa aku gak mau aja ngebebanin orangtua buat biaya kuliah. Bener-bener gak mau. Aku kerja dan ngajuin Beasiswa itu ya tujuannya biar aku mandiri dan lebih menghargai uang. Pakai hasil kerja keras sendiri. Sebisa mungkin aku gak minta uang dari orangtua. Orangtua juga gak pernah maksa “May, kamu harus ini kamu harus itu.” Apalagi maksa buat kerja.Syukur Alhamdulillah, orangtua selalu suportif dan percaya sama jalan yang aku mau.


Tibalah masuk babak memperjuangkan Beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa ini tuh bukan S1. Jadi hanya dua tahun. Nama lainnya Specialized Training College. Jadi ala-ala masuk SMK lagi, D2 lah kehitungnya. Persyaratannya tuh lulusan SMA atau SMK dan sederajat, usia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April tahun keberangkatan, nilai rata-rata Ujian Nasional murni minimal 80, bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional murni kurang dari 80, tetap dapat mendaftar beasiswa program ini jika memiliki sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 4/ N4.


Fasilitasnya juga kalo keterima mantep, Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan), Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, tanpa ikatan dinas.


Harus milih juga jurusan yang diminati, maksimal 2 Subjects dalam 1 Field of Study. Ini buat dibikin Motivation Letter kenapa milih jurusan itu dan kenapa Pemberi Beasiswa harus milih kamu. Ya waktu itu harus ditranslate ke Bahasa Inggris juga.

Pas ngurus ini itu ke jurusan dan sekolah, ditanya kan, “Kenapa Jepang, May?”

Pertimbangan aku waktu itu, aku berangkat nyusul kakak-ku yang kerja di Jepang juga. Jadi dia Juli 2018 berangkat, nah aku nyusul buat kuliah. But oh well, ternyata tidak semudah itu.


Pokoknya nyiapin dah tuh seleksi dokumen yang super ketatt tapi seru. Dan setelah nunggu proses administrasi selama sebulan, dapetlah pengumuman lanjut buat test tulis atau nggak. Dalam kondisi nunggu juga aku mulai mempelajari Bahasa Inggris, Matematika (base pertanyaannya Inggris buseeet), sama Bahasa Jepang dasar.


Inget banget, pas hari pengumuman kan lagi puasa tuh. Seharian aku jungkir balik, gak tenang. Tapi di web kok belum ada pengumuman sampe sore, sedangkan program MEXT yang lain udah pada keluar pengumumanya. Oh well, ternyata salah link gaesss wkwk. Aku buka web itu pas buka puasa, dan KETERIMA, buat lanjut ke tahap berikutnya.


Pen nangis rasanya. Tapi langsung mengencangkan sabuk buat belajar.

Sayangnya nih… ada aja hambatannya. Terdapat masalah yang bikin aku selama menuju test itu gak bisa konsen belajar. Dibilang depresi, iya (saat itu). Well I can’t tell. Pokoknya terpuruk aku saat itu. Gak bisa keluar kamar, gak bisa makan, kerjaanku nangis. Proses itu ada sampai H-1 mau test. Nambah sedih aku.


Akhirnya aku gak kuat dan langsung pergi ke Jakarta buat maksain diri test. Ke kosan kakakku. Waktu itu dia emang udah titik-titik akhir mau resign buat lanjut kerja ke Jepang. Belajarlah seadanya. Besoknya langsung ke Kedutaan Jepang.


Seruuuu sihhh. Banyaknya keliatannya pinter-pinter, dan selama nunggu masuk tuh pada belajar dan ada yang udah saling kenal gitu lho. Lah saya gak kenal siapa-siapa yaudah sok ide belajar Bahasa Jepang.


Untuk Bahasa Inggris sama Bahasa Jepang saya masih agak ngerti lah ya, Kalau Matematikanya, EEEE BUSEEET puyeng:’) I mean, grafik, titik persamaan garis dan lain-lainnya itu tuh udah tingkat Internasional buset. Buat Olimpiade itu. Ngakak sih. Sok-sokan ngerjain aja corat-coret di kertas padahal aku hanya bisa ngisi 4 apa 5 biji soal wkwkwkwk.


Aku udah punya feeling gak lanjut buat wawancara sih. Tapi aku emang nyari pengalaman aja.
Dan bener, gak keterima. Plan terakhir, sisa Beasiswa IKJ. Waktu itu aku daftar sama dua temenku dari jurusan. Seleksi dokumen lanjut semua. Terus masuklah langsung ke tahap wawancara. Di Hotel Mercure waktu itu.


Oh aku lupa cerita, aku akhirnya gak ngambil PMDK-ku yang harusnya udah daftar ulang di bulan April. Sedangkan Beasiswa IKJ ini bulan Juli-Agustus periode daftar sampe keterimanya.
Ini tiket terakhir aku kuliah kan ya, I put my ambitious energy back. Harus keterima. Pokoknya se-Indonesia itu hanya keterima 35 murid. Ketat juga as always.


Tahu gak ungkapan, “Kita yang merencakan, Tuhan yang menentukan.” ? Well ini bener-bener terjadi di kehidupan aku.

Aku gak lulus. Aku nangis. Aku malu sama diri sendiri. Aku malu sama sekolah. Aku malu sama orangtua karena belum bisa ngebanggain. Rasanya ditolak berkali-kali tuh… sakit.


Di satu titik aku mikir, “Sebego itu ya aku? Sampe gak ada yang mau nerima?”

Waktu itu aku gak ngerti aja rencana Tuhan. Yang baru aku ngerti akhir-akhir ini pas pindah ke Jakarta. Pokoknya aku dealing harus gapyear dan milih kerja aja itu butuh waktu recovery hampir sebulan. Kayak orang linglung. Aku gak buka social media. Aku benci sama diri sendiri waktu itu karena gak bisa memberikan yang terbaik. PMDK dengan mudahnya aku buang gitu aja, padahal akhirnya butuh:’)


Emang hikmahnya gak boleh ngeremehin setiap usaha yang udah dicapai.
Harus sabar dan percaya sama rencana Tuhan. Gak ada rencana Tuhan yang gak baik. Tuhan itu mengabulkan doa kita dengan tiga cara.

1.      Allah mengabulkan secara langsung setiap doa yang kita panjatkan.
2.      Allah menunda Untuk mengabulkan doa tersebut.
3.      Allah menggantikan doa tersebut dengan suatu hal yang lebih baik


Selama satu bulan, aku berusaha nyusun lagi mimpi aku dari awal. Nyusun lagi dari 0. Muhasabah diri. Berusaha ikhlas dan ngejadiin semuanya pelajaran. Terus aku inget pernah bikin list mimpi pas SMP. Tulisannya di situ 2018 masuk UNPAD wkwk, maafkan diriku. 2014 itu kalo gak masuk SMAN 2 ya SMKN 1. Tapi di situ juga ketulis, “Kalau bisa kuliah sambil kerja.”


Well, akhirnya itu yang aku kejar saat ini, dan semoga dilancarkan ke depannya. Tapi karena aku stress banget waktu itu, aku nyiapin strategi lagi. Aku gak mungkin langsung terjun kerja di saat mental aku masih unstable kan ya. Akhirnya aku milih buat daftar diklat yang durasinya lama, dan jauh dari rumah.


Well, jeng jeng jeng, ini nih salah satu hadiah Tuhan karena aku mau bersabar. Aku keterima diklat di Bali selama sebulan. G-R-AT-I-S, dapet ilmu, dapet temen baru, dapet uang saku, dapet fasilitas makan dan penginapan, dan dapet PELAJARAN baru lagi dong pastinya NGEHEHE.


Akan ku kupas tuntas di part selanjutnya.


Well, panjang juga ya. Jangan patah semangat pokoknya!!


   ❤ ♡  May sending you a BIG and WARM virtual hug (10/7/2019 01:03 PM) ❤ ♡

Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates