Sabtu, 10 Oktober 2020

 


Kondisi tidak menentu seperti sekarang ini tentu saja membuat banyak orang berpikir lebih keras untuk mendapatkan penghasilan. Susahnya mencari kerja di kala pandemi Covid-19, tentu mendorong orang-orang untuk berpikir kreatif jika ingin menghasilkan uang.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ide bisnis bisa datang dari mana saja. Namun tentu saja menemukan ide tidak pernah semudah itu jika tidak dilatarbelakangi oleh alasan yang kuat. Maka untuk memotivasi dan juga memberikan referensi bagi Anda yang ingin memulai usaha bisnis, kali ini saya akan memberikan berbagai macam daftar sumber ide bisnis yang bisa Anda pilih.

1.      Ide yang berasal dari Pekerjaan

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, tentu saja Anda mendapatkan hal lebih sekedar dari perkejaan yang Anda lakukan. Bisa saja Anda mulai terpikirkan untuk membuat usaha sendiri yang masih berhubungan dengan pekerjaan Anda. Jangan lewatkan kesempatan ketika anda memiliki ide bisnis yang cemerlang. Anda bisa memulainya sendiri maupun mengajak teman Anda.

 

2.      Ide dari kemampuan dan hobi yang dimiliki

Di samping bekerja maupun menjadi seorang mahasiswa, Anda pasti memiliki hobi yang Anda kerjakan di waktu luang. Biasanya kemampuan yang berasal dari hobi bisa anda kuasai dengan mudah, dan ini bisa menjadi pondasi maupun acuan ketika Anda ingin menjalankan sebuah bisnis. Anda akan mengetahui peluang yang dimiliki dalam bidang hobi yang Anda sukai. Tentu saja akan sangat menyenangkan memiliki hobi yang bisa dibayar, bukan?

 

3.      Ide dari Pengalaman

Banyak yang bilang bahwa pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup, dan ini benar sekali. Jika Anda memiliki banyak pengalaman, sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda memulai bisnis berdasarkan pengalaman yang dimiliki. Pengalaman ini bisa dari pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Bahkan bukan hanya pengalaman baik, pengalaman baik sekali pun atau pengalaman yang memberikan kesan sulit dilupakan bisa Anda jadikan ide untuk berbisnis.

 

4.      Ide dari Pengamatan

Bukan hanya dari pengalaman, bahkan ketika Anda mengamati suatu hal atau suatu peluang, maka Anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam ide bisnis. Ketika Anda mengamati, Anda akan mulai mendapatkan jawaban akan kebutuhan pasar.

 

5.      Ide yang Unik dan Kreatif

Tidak bisa dipungkiri, pasar kini suka sesuatu yang unik dan menarik. Ide baru, unik, dan juga diketahui sangat berpeluang untuk bisa menembus pasar karena dicari dan juga dibutuhkan oleh banyak orang.

 

6.      Ide bisa dari ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)

Bagi Anda yang dinilai kurang kreatif dan juga inovatif, Anda tidak perlu bingung. Anda bisa menggunakan rumus ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Namun pertama-tama, Anda perlu untuk memilih salah satu contoh sukses yang ingin Anda amati dan juga dimodifikasi.

 

7.      Ide dari Background Pendidikan

Jika Anda kini masih bersekolah maupun berkuliah, maka Anda bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan dengan menjadikannya ide bisnis. Selain Anda sedang mempelajarinya, Anda juga akan semakin menguasai dan memahami hal tersebut karena langsung mempraktikannya dalam dunia bisnis.

 

8.      Ide dari Media Sosial

Hampir setiap orang kini sudah terhubung dengan media sosial. Anda mungkin salah satunya. Ketika sedang scrolling, tentu akan banyak sekali ide yang bertebaran di Internet, maka gunakan peluang ini untuk mendapatkan ide bisnis Anda.

 

9.      Pameran

Untuk lebih memotivasi, maka Anda bisa mencoba jalan lain dengan melihat pameran secara langsung. Di dalam acara pameran, tentu Anda akan bertemu dengan banyak sekali roang baik dari pabrik, penjual, distributor, hingga pedagang grosir. Anda bisa lakukan wawancara, mengobrol, atau mulai observasi.

 

10.   Keluhan

Bayak sekali ide hebat yang berasal dari keluhan dan kekecewaan pelanggan. Ketika terdapat seorang pelanggan yang mengeluh akan suatu produk dan jasa, ini adalah kesempatan Anda untuk memiliki potensi mengeluarkan ide bisnis yang baru dan memperbaiki jasa atau produk perusahaan lain.

 

11.  Brainstorming

Jika Anda kesulitan untuk mencari ide sendiri, Anda bisa mencoba teknik brainstorming yang mana akan memecah masalah Anda secara kreatif untuk segera menghasilkan ide. Dengan banyak orang untuk mendiskusikan ide, tentu saja ide yang dihasilkan akan lebih banyak dan beragam.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan ide bisnis terbaik.



Sumber :

https://www.wisklik.com/2018/03/macam-sumber-ide-bisnis-yang-inspiratif.html

https://kampungwirausaha.com/inspirasi-bisnis-9-sumber-ide-usaha/

https://www.anakdagang.com/hanya-ada-5-sumber-ide-bisnis-yang-sangat-power-full/

http://www.stiebbank.ac.id/sumber-ide-bisnis-bagi-mahasiswa.html

 

 


Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates