Minggu, 17 Mei 2020


Surat terbuka ini dibuat untuk Mamay—myself. I know it’s sounds crazy, tapi dari dulu ingin banget bisa nulis surat untuk masa depan beserta sama harapan-harapan dari masa sekarang.

Jadi, kalau bukan Mamay tapi nyasar ke sini, tidak apa-apa. Kamu dipersilakan, tapi tolong bantu meng-amin-kan semua yang baik-baik.

When I wrote this, aku lagi di kamar—real kamar—di Cimahi. I almost cry myself to sleep again, but noOoooo I’m stronger than that. Aku ingin nulis yang baik-baik untuk diri sendiri.

Hm, tapi sebelum menulis apa yang diharapkan di umur 25, aku mau menjelaskan kondisi sekarang. In the end of my 20’s era—bukan ke era 20-annya sih, tapi lebih ke detik-detik terakhir umur 20, I learned a lot about life, again.

Oh ya, ini sudah hari ke-61 aku ada di rumah. Sesuatu yang tidak normal tapi harus berasa normal. Di sini masih ada pandemic Corona—if you forget. Jadi aku kerja dan kuliah dari rumah, benar-benar rumah di Cimahi. It’s not that fun, tapi aku bersyukur aku masih bareng keluarga, masih bisa makan, masih dipekerjakan, dan masih bisa kuliah. It’s enough.

Tapi kondisi akhir-akhir suka tidak baik sih. Me against the world sekali. Rasanya dunia ingin membuat aku ‘worthless’. Singkatnya, aku kecewa dengan best friends that’s not actually ‘best’, whatsoever I still got me, it’s all fine.

Dan tolong yah kawan-kawan, kalo ada orang yang mau cerita harap didengar. Kalau gak bisa ngasih saran yang baik-baik, please just shut up. Jangan bikin butek, jangan nambah-nambah sakit hati. Tidak membantu.

Yah pada intinya dengan segala pil pahit yang ditelan aku masih ingat untuk mencintai diri sendiri. I hope you still love yourself at 25, May. Aku gak kebayang sih sebenernya di umur 25 aku udah ngapain aja, apa masih gini-gini aja mwehehe. Kalo zaman kecil mah umur 25 mikirnya udah cukup tua kalo belum nikah atau mencapai suatu pencapaian as S1 or S2. The more I got older, it doesn’t matter. Gak ada timeline khusus untuk mencapai suatu hal.

Apa ya, aku harap kamu masih hidup sih, itu yang penting. Doing good things, doing something you like, enjoying your kehidupan yang sudah ¼ abad. Semoga udah mencoret beberapa bucket list yang udah dibuat. Kalo lupa, ambil buku kecil warna oren di rak buku. Harus dapet, cari aja pokoknya. Kalo kamu lupa hidup mau apa—mau ngapain aja, buka lagi buku itu. Banyak goals dan misi menyenangkan yang bisa kamu fighting for.

Belum 25 aja, life always drag you down. But it doesn’t matter. Manusia punya titik capeknya, BUT PLEASEEE I’m begging you untuk tidak menyerah sesulit apa pun keadaan. I know it’ sound so easy to write like this, but hey I still want to look at your old version. LIHAT UDAH BERAPA JAUH KAMU MELANGKAH WAHAI KISANAK??

You will lose some friends, tapi akan bertambah lagi kok. Kamu bisa putus sama pacar, but hey ini bukan kali pertama kamu patah hati. Kehidupan selalu maju, dan kehidupan cuman sekali. WIPE YOUR TEARS AND CHEER UP OKAY???

Aku udah bodo amat sih May kamu mau nikah umur berapa juga, asal inget aja kamu harus bikin abi sama mama bangga. Apa lagi ya…

Agak buntu sih karena otak saya lagi kopong sekali dipake work from home dan kuliah online begini, tapi intinya aku ingin kamu bisa meraih apa pun yang kamu inginkan—yang baik-baik.
Tetap jadi orang baik.

Aku gak menuntut banyak-banyak, tapi tetap hidup.

Kalo emang mau nikah, baca dulu surat ini. JANGAN TERGESA-GESA MILIH PASANGAN, INGET NIKAH CUMAN SEKALI HEYYY. Aku gak mau ya kamu jadi pemeran drama The World of Married Couple. Lebih baik terlambat, dari pada nikah sama orang yang salah. Kalo kamu lupa drama itu, nonton lagi aja. Itu drama korea tentang pelakor dan pernikahan.

Naon deui ya.

Aku harap kamu masih suka nulis, menggambar, main gitar, nyanyi-nyanyi, and be the best version of yourself sih.

Jangan terlalu sering dengerin perkataan orang, apalagi sampe bikin kamu insecure dan menutup diri. INGET DA MEREKA MAH GAK NGASIH MAKAN ATUH, YANG BERJUANG MATI-MATIAN UNTUK DIRI SENDIRI YA DIRI SENDIRI.

Self love is the best love you can give to yourself.

Aku harap mata kamu gak nambah minus sih HAHAHAH. Di umur akhir 20 tahun aku masih gak berani make softlens, plis lah diumur 25 mah udah make softlens aja.
Aku harap sesibuk apa pun kamu, masih sering nulis diary MWAHAHAHA. Biar ada yang bisa dikenang tiap harinya.

I hope I can see the mini me, gak harus di umur 25 sih. Bebaslah May, aku percaya weh sama kamu.

Jangan lupa sama masalah akhirat juga ya, kamu tahu kan kamu belum tentu bisa nyampe ke umur 25. So yes, perbanyak amal. Jangan terlena sama dunia aja, gak ada yang bisa menjamin umur.

Kalo ada yang baca ini terus umur aku gak sampe 25 tahun, tolong maafin kesalahan aku dan doain aku yang baik-baik ya. Tabungan aku kasihin orang yang lebih membutuhkan aja. Plis kasih tahu orang tua aku.

TERUS AKU HARAP UDAH BISA NYICIL RUMAH SIH MWAHAHAH.

Maaf ih banyak mau, but ini semua demi kebaikan kamu dan aku kok.
Udah ah, takut kamu stress baca surat ini. Pada intinya, jaga diri, baik-baik aja di tahun-tahun berikutnya. Tetap semangat menjalani hidup yang yaaahh banyak lika likunya, telan saja semuanya juga akan terlewati. Inget juga buat perbanyak waktu sama keluarga.  Kamu boleh jatuh, kamu boleh nangis, tapi inget buat bangkit lagi.




Because, hey, you are awesome. I really mean it.
So, see you at 25.

                                                                                                        Tertanda, May 20 tahun.
10:10 PM 17/05/2020
Di Cimahi.

Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates