Senin, 28 Desember 2020

Apa yang kamu dapat di 2020?

Ini adalah pertanyaan yang aku dapatkan dari mba opi pas kemarin pulang ke rumah. Bikin mikir. But yes pertanyaan yang tepat untuk me-reminiscing apa aja yang didapat di tahun ini.

Dapet hikmahnya? Udah jelas. But yeah more than that. Kalau dapet dari Twitter mah begini ceunah 

“I thought 2020 would be the year I got everything I wanted. Now I know 2020 is the year I appreciate everything I still have.”




https://twitter.com/oklills/status/1342615211103105024/photo/1

Sadly that’s the fact.

Seperti yang diketahui virus Covid-19 literally merubah hidup semua orang. Banyak yang kehilangan, banyak yang kekurangan. But di samping itu semua, membuka mata buat mensyukuri hal apa aja yang masih ada.

I don’t want to overshared it but let me tell you, this year wasn’t easy for me too. Setelah corona menghadang, aku WFH. Gaji mandet, gaji kepotong, sampai akhirnya aku memilih resign.

It’s stupid decision? No it wasn’t. It’s perfect timing for me, to let myself open the new opportunity. Keluar dari zona nyaman. Kuliah terseret-seret? Tentu saja. Sampai akhirnya banyak pilihan yang bikin aku banting stir. Percayalah, gak ada penyesalan sama sekali. Awalnya banyak nyeseknya, takut sama apa yang terjadi ke depannya. But corona bikin jalan aku makin jelas. Menuntut aku ngambil banyak keputusan besar.

And I’m so proud of myself for still being here, writing this.

Aku tahun kemarin probably gak akan kenal lagi sama aku tahun ini. Bakal kaget dengan apa aja yang udah dilalui, keputusan yang diambil, dan segala hal di dalamnya.

Lalu apa lagi yang didapat di 2020? Grateful. Perasaan bersyukur. Banyaaaaaak banget hal yang gak aku sadari tahun kemarin adalah hal yang ‘biasa’ baru aku sadarin ‘wah’ tahun ini.

Alhamdulillah masih dikasih sehat, orang yang aku sayangi juga sehat, aku masih bisa makan, melakukan apa yang mau aku lakukan, kerja lagi, kuliah lagi even terpending dan mutasi. It’s enough for me, such a blessing.

Even money gak bisa saving me this year. Gak tau, pokoknya sekarang mottonya momen > uang. Uang selalu bisa dicari. Alhamdulillah pas lagi corona bisa pulang. Bisa kumpul keluarga lengkap. Bisa istirahat dengan nyaman. Walau pusing mikirin banyak hal masih banyak yang support.

Entahlah, merasa cukup bikin hidup aku lebih ‘lighter’. Apa-apa gak melulu dijadiin beban. Enjoy every moment, every little things. Karena gak akan selamanya ada di tahun 2020 dengan segala pahit manisnya, aight?

Kadang kerasanya tahun ini cuman lewat sekilas doang. Jadi tahun ‘pause’ untuk aku, mungkin untuk kamu juga?

I’m not that type of girl yang suka bikin ‘2021 wish’, aku lebih suka bikin planning apa aja yang mau dicapai. Even gak tercapai, setidaknya di tahun itu bakal ada tujuan. Bakal banyak cerita.

As always, isinya memang gak jelas sih. Tapi seneng aja nulisnya, karena personal.

So yeah, sampai aku menulis lagi.

 

Jakarta, 28 Desember 2020

10:17 PM, di kosan.

Sabtu, 07 November 2020

Menjadi Wirausaha Muda itu Mudah (Asal Ada Keinginan)

 


Halo teman-teman di mana saja Anda berada. Kembali lagi dengan saya yang kini membawa topik bahasan mengenai “Menjadi Wirausaha Muda itu Mudah (Asal Ada Keinginan)” yang mana ini adalah salah satu Webinar yang dibawakan oleh Bapak Ari Pambudi S. Kom, M.Kom dalam acara Seminar Webinar “Menjadi Wirausaha, Siapa Takut… Jadi Konglomerat Pasti Bisa!” yang diadakan Live via Zoom pada Sabtu, 31 Oktober 2020 kemarin.




Seperti yang Anda ketahui, menjadi Entrepreneur merupakan sebuah pekerjaan impian yang diidam-idamkan karena Anda bisa memiliki sebuah bisnis sendiri, karyawan sendiri, hingga mendapatkan pendapatan sendiri.

Walau begitu, untuk meweujudkannya tentu saja dibutuhkan usaha dan kiat-kiat sukses di dalamnya agar seseorang yang menjalankannya bisa mengubah rasa takut menjadi rasa optimis untuk membangun bisnis. Lalu bagaimana caranya? Simak rangkuman yang telah saya buat mengenai acara tersebut.

Sebelum menjadi seorang Entrepreneur, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Enrepreneur. Enterpreneur adalah insan yang memiliki kemampuan dalam mengenali dan mengelola diri serta mengidentifikasi berbagai peluang dan mengelola sumber daya di sekitarnya secara kreatif untuk menciptakan nilai tambah bagi diri dan lingkungannya secara berkelanjutan.

Jika dilihat dari materi Powerpoint yang Bapak Ari bawakan, dari Bahan Pusat Statistik dan Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah wirausaha di Indonesia (2016) hanya sebetar 3,1% atau sekitar 7,8 juta orang dari total 252 juta orang. Ini masih tertinggal dari negara tetangga lainnya seperti di Malaysia yang mencapai 5%, Singapura 7%, Cina 10%, Jepang 11%, dan Amerika Serikat 12%.

Walau begitu, pada 2019, Indonesia berhasil “naik kelas” menjadi negara dengan berpendapatan menengah dengan PDB perkapita sekitar USD 4.500. Indonesia juga akan memiliki bonus demografi tahun 2030. Lalu bagaimana untuk menanggulangi hal tersebut agar rasio ketergantungan tidak menurun dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan? Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menciptakan iklim kewirauhsaan yang lebih baik untuk pengembangan usaha dan kewurausahaan di Indonesia.

Persepsi Pemuda Terhadap Wirausaha

Berdasarkan hasil survey World Economic Forum (2019) sebanyak 35,5 % pemuda usia 15 s.d. 35 tahun di Indonesia ingin menjadi pengusaha di masa depan. Pesatnya pertumbuhan perusahaan rintisan (start-up) dalam beberapa tahun terakhir menjadi faktor yang mendorong tingginya minat pemuda tersebut.

Persepsi anak muda Indonesia merupakan yang tertinggi dibandingkan dengna negara-negara ASEAN lainnya. Indonesia memiliki persepsi sebesar 35,5%; sangat besar dibandingan dengan Thailand yang hanya memiliki eprsepsi sebesar 31,9%, Vietnam 25,7%; Malaysia dengan 22,9%, 18,7%; dan Singapura dengan 16,9%.

Selain menjadi wirausaha, pemuda Indoensia juga memiliki persepsi yang baik untuk bekerja di perusahaan multinasional, pemerintahan, perusahaan lokal berskala besar, start-up, dan organisasi nirlaba. Di sisi lain, ketertarikan pemuda Indonesia untuk melanjutkan bisnis keluarga dan bekerja di UKM semakin berkurang.

Lalu pertanyaannnya,

Apakah saya cocok menjadi pengusaha??

Hal tersebut hanya bisa dijawab dengan menanyakannya ke diri sendiri. Perlu diketahui bahwa menjadi pengusaha tidak mudah, akan menemui banyak liku-liku. Namun juga, perlu diketahui bahwa dengan jiwa dan tekad yang kuat, semua bisa dilakukan.

Bagaimana caranya menjadi Wirausaha Muda?

Pertama, Anda perlu memiliki Vision (visi).

Visi adalah sifat yang terpenting yang dimiliki seorang pemimpin. Hal terpenting lainnya adalah menanamkan mimpi: mendorong orang-orang di sekitar untuk percaya pada visi Anda.

Kedua, Anda perlu memiliki Focus (fokus).

Keberadaan fokus, menjadi koridor agar pergerakan usaha apapun yang kita miliki menjadi lebih terarah dengan sedikit mengesampingkan hal-hal yang bisa membuat fokus kita berubah, Sesekali kita perlu untuk tidak peduli akan peluang yang muncul dan memutuskan tujuan serta cita-cita yang sudah kita tanamkan sejak awal.

Ketiga, Anda perlu memiliki ketegasan.

Sebagai seorang pemilik bisnis dan pemimpin perusahaan, kita diharuskan memiliki rasa yang kuat. Rasa di sini dapat berupa ketegasan kita dalam mengambil dan memutuskan sesuatu. Karena bagaimana pun setiap pemilik bisnis akan selalu dihadapkan dengan berbagai keputusan sulit setiap harinya.

Keempat, Anda perlu memiliki kemampuan mendengarkan.

Dengan mendengarkan, Anda belajar berempati terhadap orang lain baik konsumen maupun bawahan. Dengan mendengakan, Anda menjadi lebih peka terhadap masalah yang ada di sekitar Anda, termasuk masalah yang berkaitan dan bisa mengancam bisnis Anda. Anda pun bisa bertindak lebih bijaksana ketika menghadapi suatu masalah karena telah mendengarkan apa yang terjadi dan memikirkan alternatif tindakan dengan tenang.

Kelima, Anda perlu memiliki kemampuan Sosialisasi.

Ini berarti Anda mampu mengembangkan komunikasi mereka dengan sesame pemiliki bisnis atau orang-orang lain sekitarnya. Karena bagaimana pun sosialisasi dalam kehidupan sungguh sangat dibutuhkan. Sekali pun Anda sudah menjadi seorang pengusaha sukses, tapi Anda tentu membutuhkan seorang rekan, relasi, dan juga teman untuk berbagai. Ini nantinya akan membantu kita dalam mempromosikan bisnis kita dengan lebih mudah.

Keenam, Anda perlu memiliki dedikasi.

Menjalankan sebuah bisnis bukanlah sebuah tugas yang bisa kita lakukan di tengah-tengah jalan. Jika kita memang ingin sukses membangun sebuah bisnis, maka kita harus mampu dan mau untuk mencurahkan segenap waktu, tenaga, dan pikiran kita untuk bisnis ini. Kita memang harus berusaha mengoptimalkan setiap jadwal kerja dengan tidak mengganggu keseimbangan kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Ketujuh, Anda perlu fleksibel.

Fleksibilitas di sini lebih ditekankan kepada kemampuan kita untuk bisa berpikir lebih praktis dan berbeda, terlebih saat kita melakukan suatu hal yang di luar rencana kita sebelumnya. Pemilik bisnis akan lebih dihargai oleh pelanggan atau mitra bisnis Anda, ketika Anda menunjukkan fleksibilitas daripada Anda keras kepa;a mencoba untuk membuktikan apa yang Anda yakini sendiri.

Kesimpulan yang bisa diambil dari acara webinar tersebut adalah siapa saja bisa menjadi pengusaha, termasuk anak muda. Mengingat tingkat persepsi anak muda Indonesia sangat tinggi, tinggal diikuti oleh keinginan diri sendiri. Karena bagaimana pun juga semua dimulai dari niat, barulah diikuti dengan step lainnya yang sudah dijelaskan di artikel.

Itulah poin-poin webinar yang dibawakan Bapak Ari Pambudi. Jika ingin melihat lebih lanjut perihal webinar tersebut Anda bisa mengklik link ini . Topik yang saya ambil tersebut ada pada menit ke 30.



Terima kasih banyak atas perhatiannya.


Jumat, 30 Oktober 2020

My Idea Business Model Canvas (Part 2)

Halo kembali lagi dengan saya dalam postingan blog yang membahas “My Idea Business Model Canvas” bagian 2. Sebelum ke postingan bagian dua, untuk pembaca yang belum membaca bagian satu, maka bisa mulai membaca dan masuk ke link http://maysanisa.blogspot.com/2020/10/my-idea-business-model-canvas.html atau klik di sini.

Pada postingan kali ini, akan dibahas next 4 block of BMC yaitu Key Resources, Key Activities, Key Partners, dan Cost Structures.


1.      1. Key Resources

MayStudio sebagai jasa pengelolaan admin social media dalam menjalankan bisnis, tentu membutuhkan partner di dalamnya. Pihak-pihak yang mendukung adalah website untuk membantu Copywriting, membantu untuk download bahan design (baik gratis maupun berbayar), website sosial media seperti Instagram, Facebook, dan juga Twitter.

 

2.      2. Key Activities

MayStudio dalam menjalankan usahanya sehari-hari menyediakan jasa pengelolaan admin sosial media, pembuatan design, content, copywriting, hastag, hingga caption yang mana ini semua bermanfaat bagi pelaku usaha yang tidak punya waktu untuk mengelola produk mereka di media sosial. Dengan MayStudio, maka pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan, kenyamanan, kepercayaan, dan kepraktisan untuk tetap memiliki media sosial yang dekat dengan konsumen tanpa harus mengelolanya sendiri.

 

3.      3. Key Partners

MayStudio dalam memperkenalkan dan memasarkan produknya lewat Instagram Ads, Instagram Posting & Story, Facebook Ads, Facebook Posting & Story, Twitter Ads, Twitter Post, dan Blog Post.

 

4.     4. Cost Structures

Stuktur biaya yang digunakan oleh MayStudio untuk melakukan pemasaran dan promosi dalam jasa layanan ke seluruh Indonesia. Dari bahan untuk postingan content menjadi penarik dan dikenal oleh calon consumer.

 

Untuk gambar utuh 9 Blocks BMC dari idea bisnis saya adalah :

*Klik Gambar untuk lebih jelas*


*Klik Gambar untuk lebih jelas*

Sekian dan terima kasih. 

 

Kamis, 22 Oktober 2020

My Idea Business Model Canvas

 




a)      a) Executive Summary Idea Business

Latang Belakang

Social Media kini sudah menjadi bagian dari masyarakat dan merupakan ujung tombak bagi bertemunya produsen dengan pelanggan. Dengan social media, maka semua informasi tentu saja bisa lebih cepat untuk tersampaikan. Walau begitu, tidak semua pelaku usaha memiliki waktu maupun ilmu untuk melakukan social media marketing maupun melakukan brand awareness.

Maka dari itu MayStudio hadir untuk membantu para pelaku usaha untuk mengelola social media. Pelaku usaha kini bisa fokus kepada jalannya usaha tanpa takut pusing memikirkan bagaimana jalannya media sosial. MayStudio akan membantu membuat social meida anda tetap aktif untuk bisa memberikan indotmasi hingga melayani kebutuhan pelanggan agar promosi mengenai produk semakin mudah, murah, dan juga terpercaya.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi jasa admin social media terbesar dan bisa membantu banyak pelaku usaha untuk menjalankan media sosial dan juga memberikan strategi pemasaran digital terbaik agar membangun kepercayaan konsumen.

Misi

-          Menjalankan media sosial pelaku usaha dengan berbagai paket yang telah diberikan sehingga bisa meningkatkan penjualan pelaku usaha

-          Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan

MayStudio berperan sebagai penghubung antara pelaku usaha dengan calon pembeli dengan menghadirkan tampilan akun feed Instagram yang sesuai dengan brand yang dipasarkan. Selain memberikan brand awareness, strategi maketing yang kami tawarkan akan membuat calon pembeli semakin tertarik untuk melakukan transaksi.

Bukan hanya fokus kepada profit, jasa yang kami berikan berupa beberapa paket Admin Social Media berupa:

#Paket 1 Socmed Murmer (500rb)

Paket ini sudah berisi jasa pembuatan Design, Content (Copywriting), Hastag. Posting feed akan dilakukan setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu. Gratis analisis Insight Instagram dan Follower Improvement. Satu Instagram Account handle. Total 20 gambar (1 gambar=1 feed) untuk satu bulan.

#Paket 2 Socmed Murah Mantap (800rb)

Paket ini sudah berisi jasa pembuatan Design, Content (Copywriting), Hastag. Posting feed akan dilakukan setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu. Gratis 1 post Instagram Story. Gratis analisis Insight Instagram dan Follower Improvement. Satu Instagram Account handle. Total 40 gambar + 4 instastory (maksimal 2 gambar=1 feed).

#Paket 3 Socmed Mantul (1 juta)

Paket ini sudah berisi jasa pembuatan Design, Content (Copywriting), Hastag. Posting feed akan dilakukan setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu. Gratis 4 post Instagram Story. Gratis analisis Insight Instagram dan Follower Improvement. Satu Instagram Account handle. Total 60 gambar + 15 instastory (maksimal 2 gambar=1 feed).

 

b)     b) First 5 Block of BMC

1.      Customer Segments

Untuk customer segments, calon customer yang ditargetkan oleh MayStudio untuk mengelola media social yang dimiliki adalah kalangan pelaku usaha, baik pelaku usaha online shop pemula menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Selain itu MayStudio juga menargetkan pelaku usaha yang sibuk dengan usaha yang dimiliki dan membutuhkan bantuan jasa pengelola Admin Social Media. Dengan penggunaan Social Media Marketing yang maksimal, maka tentu ini akan sangat berefek besar pada penjualan nantinya.

 

2.      Value Propositions

Jasa yang ditawarkan oleh MayStudio berupa paket pengelolaan admin media sosial dengan menu 3 paket utama yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha yang sudah dijelaskan sebelumnya. Paket tersebut dihitung berdasarkan gambar dan content yang diposting. Paket juga bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan. Pengerjaan akan segera dilakukan setelah pembayaran.

 

3.      Channels

MayStudio memperkenalkan jasa pengelolaan admin media sosial ini lewat berbagai platform seperti Instagram, Youtube, dan juga Blogspot.

 

4.      Customer Relationships

MayStudio untuk mendapatkan, menambah, dan mempertahankan konsumen akan terus berusaha membuat hubungan baik dengan cara memperbaiki kekurangan dari jasa yang diberikan. Selain itu laporan dari akun Instagram akan diberikan dengan transparan sehingga hubungan dengan customer akan semakin erat. Ketika mereferral paket di MayStudio, maka customer akan mendapatkan diskon dan juga potongan harga. MayStudio juga menerima kritik dan saran beserta revisi jika terdpaat content atau gambar di Instagram yang dinilai kurang pas dengan brand produk.

 

5.      Revenue Streams

Pendapatan yang didapatkan MayStudio berasal dari paket jasa pengelolaan akun media sosial yang diberikan kepada customer.

Jumat, 16 Oktober 2020

Penjelasan Lengkap Business Model Canvas

 



1.      Business Model

Business model adalah sebuah rencana bisnis (frame) yang memikirkan bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan atau pendapatan dengan memperhitungkan semua komponen bisnis. Sederhananya adalah bagaimana perusahaan akan menghasilkan uang.

Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliverm dan menangkap value yang ada. Business Model memiliki sifat seperti blueprint untuk strategi yang diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses, hingga sistem.

Alexander Osterwalder pertama kali menciptakan sebuah canvas pada tahun 2008, rancangan business model ini dikenal dengan Lean Canvas. Ketika menggunakan Lean Canvas, maka aktivitas bisnis terlihat jelas dan bisa di-explore lebih jauh untuk menentukan business model yang baik. Lean Canvas ini mengandung 9 key activities dalam sebuah model bisnis.

Konsep ini diberi nama 9 Building Blocks. Kini konsep telah diaplikasikan dan diuji coba di seluruh dunia. Bahkan telah digunakan di IBM, Ericsson, Deloitte, the Public Works and Government Services of Canada.

 

2.      Business Model Canvas (BMC)

Business Model Canvas (BMC) adalah sebuah tool di dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur hingga keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Konsep Business Model Canvas (BMC) ini mengandalkan gambar ide sehingga setiap orang bisa memiliki pemahaman yang sama terhadap tipe konsumen, pengeluaran biaya, hingga cara kerja perusahaan.

 

3.      Kegunaan dan Tujuan Business Model Canvas?

Dengan menggunakan Business Model Canvas, maka perusahaan akan membagi hal-hal ke dalam beberapa fokus yang jelas. Ini akan memudahkan pembisnis dalam berbagai aspek dan juga bisa diterapkan oleh perusahaan baik skala besar dan juga kecil.

 

4.      Contoh BMC (gambar BMC beserta penjelasan singkat 9 block BMC)



Sebelum memberikan contoh BMC, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai 9 Building Block. Dalam Business Model Canvas, terdapat 9 elemen penting atau yang dikenal dengan 9 Building Block yang mana ini adalah panduan penting yang akan mengarahkan pembisnis untuk menentukan sistem kerja perusahaan sekaligus dan juga bisa memeriskan apakah aktivitas perusahaan sudah berjalan sesuai sistem atau belum. Konsep ini juga mendeskripsikan dan juga menunjukkan logika bagaimana perusahaan menghasilkan pendapatan.

9 Elemen dalam 9 Building Blocks adalah Customer Segments (CS), Value Propositions (VP), Channels (CH), Customer Relationship (CR), Revenue Streams (RS), Key Resources (KR), Key Activities (KA), Key Partnership (KP), Cost Structure (CS).

Berikut penjelasan singkat mengenai 9 Building Blocks:

1.      1. Customer Segments (CS)

Dalam Customer Segments akan menunjukkan kelompok orang maupun organisasi yang berbeda dan juga ingin digapai dan dilayani perusahaan. Customer merupakan inti dari semua Business Model. Tanpa customer dan juga profitable yang dihasilkan, maka perusahana tidak akan bertahan lama. Maka dari itu perusahaan perlu untuk bisa mengelompokkan mereka ke dalam segmen yang berbeda didasari dari kebutuhan, behavior, dan juga atribut lainnya. Perusahaan perlu mendefinisikan dengan jelas baik dari segmen customer yang dilayani dan juga harus dihindari.

Agar bisa mengetahui secara spesifik target konsumen, maka bisa menanyakan beberapa pertanyaan seperti kepada siapa solusi memberikan dampak positif, apakah solusi cocok dengan perorangan atau bisnis lain, bagaimana karakter perorangan atau bisnis, dan juga solusi cocok untuk perempuan atau laki-laki, hingga umur mereka.

2.      2. Value Propositions (VP)

Value Proposition adalah nilai jual produk atau jasa perusahaan sehingga konsumen mau memilih Anda dibandingkan kompetitor. Value Proposition memenuhi kebutuhan maupuan memecahkan permasalahan yang dimiliki customer. Value Proposition ini bisa bersifat inovatif dan juga merepresentasikan penawaran yang baru dan disruptive seperti tambahan fitur atau atribut.

Value yang diberikan perusahaan bisa berbagai macam seperti newness, customization, performance, risk reduction, brand/status, design, price, convenience/usability, cost reduction, dan accessibility. Perusahaan juga bisa menjawab beberapa pertanyaan terlebih dahulu seperti apa yang menyebabkan masalah terjadi, mengapa konsumen ingin masalah hilang, dan jua manfaat bisnis yang dibuat untuk konsumen.

3.      3. Channels (CH)

Channel merupakan bagaimana perusahaan bisa berkomunikasi dan juga menggapai segmen customer mereka untuk bisa men-deliver Value Proposition, atau singkatnya Channel adalah tempat pertemuan dengan konsumen. Channels juga merupakan customer touch point yang memainkan peran penting di dalam customer experience.

Channels juga memiliki beberapa fungsi seperti bisa meningkatkan awareness dari customer mengenai produk atau jasa perusahaan, membantu customer mengevaluasi Value Proposition perusahaan, dan juga memudahkan customer untuk membeli produk atau jasa. Channels dibedakan ke dalam 5 fase, yaitu Awareness, Evaluation, Purchase, Delivery, After Sales.

4.      4. Customer Relationship (CR)

Customer Relationship mendeskripsikan jenis relasi yang dibangun perusahaan dengan pelanggan. Relasi yang dipilih ini akan sangat menentukan bagaimana customer experience yang nantinya dihasilkan. Di dalam tahap ini, seseorang bisa mengetahui cara paling efektif untuk bisa berinteraksi dengan calon dan consumer. Customer Relationship memiliki contoh seperti dedicated personal assistance, personal assistance, automated service, self-service, cro-creation, dan juga communities.

5.      5. Revenue Streams (RS)

Revenue Streams adalah sumber pendapatan perusahaan dari berbaai sumber baik dari hasil penjualan, dividen, dan berbagai hal lainnya. Perusahaan perlu tahu value apa yang bsia membuat Customer Segment mau membayar. Di Revenue Stream, akan memiliki mekanisme pricing yang berbeda-beda, contohnya seperti tawar menawar, fixed list, market-dependent, lelang, hingga yield management.

6.      6. Key Resources (KR)

Key Resources adalah sumber daya dan juga aset yang sangat penting (aset kunci) yang diperlukan untuk membuat sebuah Business Model bisa berjalan. Setiap Business Model akan memerlukan Key Resources yang berbeda. Bentuk dari Key Resources ini bisa fisikal, intelektual, finansial, hingga manusia. Contohnya adalah bangunan, mesin, hak cipta, paten, uang, human resource, dan lain-lainnya.

7.      7.  Key Activities (KA)

Key Activities adalah aktivitas bisnis yang dilakukan perusahaan sehari-hari agak Business Modelnya berjalan atau bisa mencapai Value Proposition. Key Activities bisa dikategorikan menjadi Production, Problem Solving, hingga Platform atau Network. Contoh Key Activities adalah perusahaan konsultan yang memiliki problem solving untuk Ket Activitiesnya.

8.      8. Key Partnership (KP)

Key Partnership adalah partner kerja atau jarinbgan supplier yang membuat Business Model berjalan. Partnership menjadi hal yang sangat penting bagi banyak Business Model. Perusahaan perlu membentuk aliansi untuk bisa mengoptimalkan Business Modelnya dan juga bisa mengurangi resiko dan mendapatkan sumber daya tertentu.

9.      9.  Cost Structure

Cost Structure adalah semua biaya yang akan muncul untuk bisa menjalankan sebuah Business Model. Biaya yang akan muncul ini ketika perusahaan membuat dan men-deliver value atau bisa juga ketika me-maintain Customer Relationship. Biaya ini akan mudah untuk diidentifikasi ketika mendefinisikan Key Activities, Key Resources, dan juga Key Partnership.


Contoh yang saya ambil adalah Business Model Canvas dari Cimory Yogurt, yang mana ini adalah hasil karya ilmiah yang saya ambil dari sumber ini.

PT. Cisarua Mountain Dairy didirikan pada tahun 2004 oleh Bambang Sutantio. PT. Cisarua Mountain Dairy atau yang lebih dikenal dengan nama “cimory” merupakan industry dibidang pengolahan susu yang terletak didaerah pegunungan cisarua, puncak. PT. Cisarua Mountain Dairy yang aktif sejak tahun 2006 memproduk susu pasteurisasi  dan mengembangkan produk turunan susu yang dihasilkan salah satunya adalah Cimory Yoghurt Drink, set toghurt dan keju, produk ini merupakan produk andalan dari PT. Cimory. Produk yang telah dihasilkan kemudian dipasarkan, dalam memasarkannya PT.Cimory memiliki toko sendiri bernama Cimory Dairy Shop.

Dalam suatu perusahaan ketika perusahaan tersebut akan merencanakan bisnis yang akan dijalankan pada masa yang akan datang ataupun yang segera dijalankan, tidak lepas dari perencanaan dan menentukan metode yang digunakan. Pada kesempatan penulis ingin membahas mengenai bisnis model canvas pada PT. Cimory. Dibawah ini adalah model BMC PT.Cimory.

Sumber : http://cbchmjmunesa.blogspot.com/2014/09/contoh-contoh-bisnis-plan-model-canvas.html


1.  Customer Segment

Untuk konsumen yang ditargetkan oleh PT. Cimory dalam memasarkan ataupun dalam penjualannya menargetkan pada semua kalangan baik itu kalangan menengah kebawah ataupun menengah keatas. Selain itu juga menargetkan pada orang-orang yang ingin menguruskan badan atau sedang diet karena minuman ini rendah lemak dan rendah kolesterol. Selain kedua hal tersebut juga ada factor lain kenapa produk ini bisa dinikmati semua kalangan, itu semua karena di era global ini kesadaran masyarakat akan kesehatan maupun dalam menjaga pola konsumsi makanan dan minuman sehat, di tengah kesibukan sehari-hari mereka.


2.  Value Proposition

Produk yang ditawarkan oleh PT. Cimory adalah produk yang benar-benar yang terjaga kualitas dan kesehatannya. Dimana dalam produk cimory ini terkandung kaya akan gizi dan manfaat seperti kesehatannya terjaga dan lidahnya dimanja. Untuk kesehatannya terjaga disini para konsumen sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari karena dapat membantu kesehatan tubuh dan memberikan manfaat untuk jangka panjang tanpa harus menkonsumsi obat kesehatan. Sedangkan lidahnya dimanja para konsumen dapat merasakan berbagai varian rasa dari produk cimory sesuai keinginan konsumen.


3.  Channel

PT. Cimory mengenalkan dan memasarkan produknya melalui beberapa macam proses pemasaran seperti mendistributorkan produk-produk ke super market, mini market, department store di berbagai wilayah Indonesia dan bahkan di luar negeri, kemudian melalui website utama cimory serta di peternakan sapi yg memiliki gerai atau toko penjualan.


4.  Custumer Relationships

PT. Cimory dalam mendapatkan, menambah jumlah konsumen dan mempertahankan konsumen agar terus setia dengan kita adalah dengan membuat hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dapat dialakukan untuk terus berhubungan dan semakin mempererat hubungan dengan para pelanggan. Dimana PT. Cimory dalam menjaga hubungan dengan para pelanggan dapat memberikan diskon atau potongan harga dari produk cimory, kemudian dapat melaui website yang dapat menampung kritik dan saran dari para pelanggan agar serta dapat berkonsultasi langsung mengenai produk cimory tersebut. Ada juga delivery service yang bertujuan memberikan kenyamanan dengan pengantaran atas produk cimory dan servis atas produk yang diantarkan sehingga dapat memuaskan para pelanggan. Serta adapun event seperti “Cimory Education Tour” yang bertujuan memberikan pengetahuan tentang manfaat dan kandungan yang terdapat dalam tiap kemasan produk cimory.


5.  Key Resources

PT. Cimory dalam menjalankan usahanya pastinya membutuhkan pihak-pihak yang mendukung dari segi manajemen dan bahan baku dari produk cimory tersebut seperti cattleman atau peternak sapi dan all cimory’s employes. PT. Cimory bekerjasama dengan para peternak sapi yang memiliki kualitas susu sapi terbaik yang merupakan bahan baku utama dalam pembuatan yogurt dan semua karyawan yang bekerja dengan profesionalitas tinggi yang telah menciptakan produk cimory yang banyak disukai para konsumen serta menjadikan PT. Cimory menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.


6.  Key Activities

Aktivitas yang dilakukan oleh PT. Cimory dalam menjalankan usahanya adalah menyediakan susu sehat dengan gizi yang tinggi karena kita menkonsumsi susu setiap hari, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti sehat, terhindar dari penyakit, obesitas dan khususnya untuk para wanita akan tetap memiliki badan yang ideal karena cimory ini cocok untuk proses pelangsingan tubuh. Kemudian dapat mendirikan cimory restaurant yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pencinta produk cimory. Adapun juga menyediakan jasa delivery yang bertujuan memberi kemudahan kepada pelanggan dalam memesan dan menikmati jasa antar yang diberikan oleh cimory. Serta mendistributorkan cimory ke pasar yang lebih luas di luar negeri agar para konsumen dinegara lain dapat mengenal produk asli Indonesia.


7.  Key Partners

PT. Cimory bekerja dalam memperkenalkan dan memasarkan produknya dengan berbagai macam cara seperti melalui televisi, government, cattle breeding, distributor dan costumer. Pada televisi dapat memperkenalkan melalui iklan yang bertujuan agar semua masyarakat tahu akan produk yang ditawarkan oleh cimory. Adapun pemerintahan yang mendukung atas usaha cimory dengan memberikan izin dalam mendirikan dan menjalankan usaha. Kemudian peternakan sapi yang mendukung penuh atas susu yang merupakan bahan baku utama dalam pembuatan produk yogurt cimory. Sedangkan pihak distributor yang mendukung dengan memasarkan produk cimory tersebut. Serta pelanggan yang merupakan partner utama yang telah mempercayai produk cimory sebagai bagian dari kebutuhan sehari-hari.


8.  Cost Structure

Struktur biaya yang digunakan oleh PT. Cimory untuk pemasaraan dan promosi dalam penjualan produk yogurt keberbagai wilayah. Kemudian dalam memproduksi dari mensuplai susu sebagai bahan baku utama yang kemudian diproses atau diolah menjadi barang jadi seperti produk yogurt. Serta adapun biaya yang digunakan dalam mendistribusikan produk-produk cimory ke berbagai gerai diseluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.


9.  Revenue Stream

Revenue stream merupakan pendapatan yang dihasilkan dari PT. Cimory. Pendapatan yang dihasilkan berasal dari semua produk yang ditawarkan kepada para konsumen seperti yoghurt, susu dan lain-lain. 



Sumber :

https://ipqi.org/apakah-business-model-itu/

https://glcworld.co.id/penjelasan-business-model-canvas/

https://www.academia.edu/32204573/BISNIS_MODEL_KANVAS_BMC_CIMORY_YOGHURT_DAN_CAFE_NGOPI


 

 


Sabtu, 10 Oktober 2020

Sumber Ide Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

 


Kondisi tidak menentu seperti sekarang ini tentu saja membuat banyak orang berpikir lebih keras untuk mendapatkan penghasilan. Susahnya mencari kerja di kala pandemi Covid-19, tentu mendorong orang-orang untuk berpikir kreatif jika ingin menghasilkan uang.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ide bisnis bisa datang dari mana saja. Namun tentu saja menemukan ide tidak pernah semudah itu jika tidak dilatarbelakangi oleh alasan yang kuat. Maka untuk memotivasi dan juga memberikan referensi bagi Anda yang ingin memulai usaha bisnis, kali ini saya akan memberikan berbagai macam daftar sumber ide bisnis yang bisa Anda pilih.

1.      Ide yang berasal dari Pekerjaan

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, tentu saja Anda mendapatkan hal lebih sekedar dari perkejaan yang Anda lakukan. Bisa saja Anda mulai terpikirkan untuk membuat usaha sendiri yang masih berhubungan dengan pekerjaan Anda. Jangan lewatkan kesempatan ketika anda memiliki ide bisnis yang cemerlang. Anda bisa memulainya sendiri maupun mengajak teman Anda.

 

2.      Ide dari kemampuan dan hobi yang dimiliki

Di samping bekerja maupun menjadi seorang mahasiswa, Anda pasti memiliki hobi yang Anda kerjakan di waktu luang. Biasanya kemampuan yang berasal dari hobi bisa anda kuasai dengan mudah, dan ini bisa menjadi pondasi maupun acuan ketika Anda ingin menjalankan sebuah bisnis. Anda akan mengetahui peluang yang dimiliki dalam bidang hobi yang Anda sukai. Tentu saja akan sangat menyenangkan memiliki hobi yang bisa dibayar, bukan?

 

3.      Ide dari Pengalaman

Banyak yang bilang bahwa pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup, dan ini benar sekali. Jika Anda memiliki banyak pengalaman, sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda memulai bisnis berdasarkan pengalaman yang dimiliki. Pengalaman ini bisa dari pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Bahkan bukan hanya pengalaman baik, pengalaman baik sekali pun atau pengalaman yang memberikan kesan sulit dilupakan bisa Anda jadikan ide untuk berbisnis.

 

4.      Ide dari Pengamatan

Bukan hanya dari pengalaman, bahkan ketika Anda mengamati suatu hal atau suatu peluang, maka Anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam ide bisnis. Ketika Anda mengamati, Anda akan mulai mendapatkan jawaban akan kebutuhan pasar.

 

5.      Ide yang Unik dan Kreatif

Tidak bisa dipungkiri, pasar kini suka sesuatu yang unik dan menarik. Ide baru, unik, dan juga diketahui sangat berpeluang untuk bisa menembus pasar karena dicari dan juga dibutuhkan oleh banyak orang.

 

6.      Ide bisa dari ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)

Bagi Anda yang dinilai kurang kreatif dan juga inovatif, Anda tidak perlu bingung. Anda bisa menggunakan rumus ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Namun pertama-tama, Anda perlu untuk memilih salah satu contoh sukses yang ingin Anda amati dan juga dimodifikasi.

 

7.      Ide dari Background Pendidikan

Jika Anda kini masih bersekolah maupun berkuliah, maka Anda bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan dengan menjadikannya ide bisnis. Selain Anda sedang mempelajarinya, Anda juga akan semakin menguasai dan memahami hal tersebut karena langsung mempraktikannya dalam dunia bisnis.

 

8.      Ide dari Media Sosial

Hampir setiap orang kini sudah terhubung dengan media sosial. Anda mungkin salah satunya. Ketika sedang scrolling, tentu akan banyak sekali ide yang bertebaran di Internet, maka gunakan peluang ini untuk mendapatkan ide bisnis Anda.

 

9.      Pameran

Untuk lebih memotivasi, maka Anda bisa mencoba jalan lain dengan melihat pameran secara langsung. Di dalam acara pameran, tentu Anda akan bertemu dengan banyak sekali roang baik dari pabrik, penjual, distributor, hingga pedagang grosir. Anda bisa lakukan wawancara, mengobrol, atau mulai observasi.

 

10.   Keluhan

Bayak sekali ide hebat yang berasal dari keluhan dan kekecewaan pelanggan. Ketika terdapat seorang pelanggan yang mengeluh akan suatu produk dan jasa, ini adalah kesempatan Anda untuk memiliki potensi mengeluarkan ide bisnis yang baru dan memperbaiki jasa atau produk perusahaan lain.

 

11.  Brainstorming

Jika Anda kesulitan untuk mencari ide sendiri, Anda bisa mencoba teknik brainstorming yang mana akan memecah masalah Anda secara kreatif untuk segera menghasilkan ide. Dengan banyak orang untuk mendiskusikan ide, tentu saja ide yang dihasilkan akan lebih banyak dan beragam.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan ide bisnis terbaik.



Sumber :

https://www.wisklik.com/2018/03/macam-sumber-ide-bisnis-yang-inspiratif.html

https://kampungwirausaha.com/inspirasi-bisnis-9-sumber-ide-usaha/

https://www.anakdagang.com/hanya-ada-5-sumber-ide-bisnis-yang-sangat-power-full/

http://www.stiebbank.ac.id/sumber-ide-bisnis-bagi-mahasiswa.html

 

 


Maysartn . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates